Pengajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Sirah Nabawiyah Pada Anak Usia Dini
Abstract
Anak usia dini merupakan individu yang unik dan memiliki karakteristik tersendiri. Perkembangan anak usia dini merupakan periode yang sangat penting dan perlu mendapat perhatian khusus. Selain pertumbuhan fisik dan motorik, perkembangan spiritual, moral, sosial, intelektual dan bahasa juga berkembang pesat. Oleh karena penting mengajarkan pendidikan agama Islam sejak dini. Pengajaran pendidikan agama Islam pada anak usia dini harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang pengajaran pendidikan agama Islam yang diterapkan pada anak usia dini melalui sirah nabawiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dan menggunakan data kualitatif yang diperoleh dari guru berdasarkan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa materi penddikan agama Islam yang diajarkan melalui sirah nabawiyah yaitu tentang akidah, akhlak dan ibadah. Metode yang dapat digunakan untuk pengajaran pendidikan Islam melalui sirah nabawiyah adalah dengan metode bermain, bercerita, beryanyi dan tanya jawab. Manfaat yang dapat diperoleh dari pengajaran pendidikan Islam melalui sirah nabawiyah pada anak usia dini adalah aagar anak usia dini mengetahui para pahlawan Islam dan dapat meneladani sifat serta akhlak Rasullullah.