Perubahan Organisasi Madrasah di Indonesia Dalam Menghadapi Persaingan Global
Abstract
Lembaga pendidikan Islam juga tidak luput dari “hukum” dan tuntutan perubahan tersebut. Terlebih ketika dunia pendidikan memasuki era globalisasi seperti saat ini, maka lembaga pendidikan dihadapkan pada tantangan57 dan yang semakin keras yang menuntut kemampuan dan kemamuan untuk menjawabnya. Jika lembaga pendidikan Islam mampu merespon irama perubahan -melalui inovasi-inovasi cerdas dan kreatifnya- maka peluang untuk “survive” akan sangat besar, namun jika lembaga pendidikan Islam tidak mampu atau lamban merespon dinamika perubahan, maka cepat atau lambat lembaga pendidikan Islam akan tertinggal dan otomatis ditinggalkan masyarakat.Perubahan dalam pengelolaan madrasah seyogyanya diarahkan untuk mencapai perkembangan dan perbaikan yang melibatkan proses inovasi. Artinya perubahan dalam pengelolaan madrasah tidak sekedar berubah, tetapi perubahan yang berorientasi pada perbaikan. Oleh karenanya maka perubahan dalam madrasah membutuhkan manajemen serta strategi yang tepat, sehingga gagasan perubahan dapat diimplementasikan untuk memperbaiki kondisi lembaga pendidikan Islam.