Aktualisasi Pembelajaran PAI Berwawasan Multikultural di Pondok Pesantren

Pengembangan Sistem Pembelajaran Model Organisme Berbasis Inter, Multi dan Transdisipliner

  • Samsul Munir Institute for Islamic Studies (IAI) Pangeran Diponegoro Nganjuk
  • Tri Ambodo Institute for Islamic Studies (IAI) Pangeran Diponegoro Nganjuk
Keywords: Multikultural, Pondok Pesantren, Aktualisasi Sistem Pembelajaran

Abstract

Dalam dunia kontemporer, globalisasi –ditandai oleh semakin terbukanya setiap akses dalam segala bidang –, telah mewariskan beragam problem di tengah kehidupan masyarakat. Secara faktual, tatanan dunia yang sekarang ini berlangsung (sebagai produk globalisasi) hampir semuanya didominasi oleh Eropa dan Amerika Serikat yang memiliki akar budaya yang berbeda dengan kultur bangsa Indonesia. Dominasi dan hegemoni yang terjadi pun bukan semata-mata bersifat ekonomi dan politik saja, akan tetapi lebih dari itu, ia juga bersifat the cultur project of modernity. Dampak globalisasi seperti diketahui sekarang ini telah mampu mencerabut masyarakat Indonesia dari akar budaya yang menjadi warisannya. Dehumanisasi dalam bentuk krisis moral yang akut juga telah menjadi bagian yang nyaris melekat dalam kehidupan setiap manusia. Dalam konteks demikian ini, pesantren sebagai lembaga keagamaan Islam yang sangat erat dengan karakteristik bangsa Indonesia yang indigenous mempunyai nilai-nilai strategis dalam setiap upaya pengembangan masyarakatnya yang multikultural. Bagi bangsa Indonesia, peran strategis pesantren di era globalisasi sebagai lembaga pembinaan moral, lembaga dakwah, dan lembaga pendidikan yang berkarakter multikultural serta berwawasan kebangsaan-kenegaraan akan sangat menentukan arah dan tujuan dari masa depan masyarakat Indonesia. Respons pesantren dalam menyikapi globalisasi sesuai dengan peran dan bidang yang telah menjadi garapannya, −yaitu bidang pembinaan moral yang berorientasi live together melalui pembelajaran yang diberlakukan− akan menjadi urgen sebagai way of life di kalangan masyarakat (Islam) Indonesia. Terkait dengan hal tersebut, maka studi terhadap peran pesantren dalam mengaktualisasikan proses pembelajarannya yang berwawasan multikultural ini akan difokuskan kepada: pertama, aktualisasi sistem PAI pada pondok pesantren di era globalisasi; kedua, model-model pengembangan PAI di pondok pesantren; ketiga, pengembangan sistem pembelajaran PAI dengan model organisme di pondok pesantren.

Published
2019-12-31